Tuesday, October 25, 2016

Bolehkah Memakai Parfum Berakohol untuk Sholat

Bolehkah memakai parfum berakohol untuk sholat


Assallammu ‘alaikum, Hello sahabat Qaireen. Kali akan membahas artikel tentang bolehkan memakai parfum berakohol untuk solat. Apa itu alkohol? Alkohol adalah kelompok senyawa yang mengandung satu atau lebih gugus fungsi hidroksil pada senyawa alkana. Upps, hanya itu yang saya tau dari arti alkohol untuk lebih jelasnya tanya langsung kepakar kimianya. Agar ga ribet ini pengertian menurut saya sendiri alkohol itu bisa membuat mabuk ya teman-teman apabila diminum dan bila berlebih bisa membuat kerusakan dalam organ tubuh bahkan bisa membuat nyawa melayang gara minuma keras (miras/khamr).

Ok. Kembali ketopik artikel kita “Bolehkah memakai parfum berakohol?” tentu sebagian orang ada yang menjawab boleh dan ada yang bilang tidak. Sebagian orang lebih banyak yang berpendapat kalau alkohol itu haram sesuai dalil dalam Al Qur an.

QS. Al Maidah ; 90

 90. Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.

Kenapa khamar haram disebabkan dapat membuat memabukkan. Sedang alkohol sendiri pada parfum tidak membuat mabuk, dan parfum bukan untuk di minum.

Dan dalil yang lainnya dalam sahih muslim, dimana ada seorang pria yang datang kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan membawa Khamr untuk diberikan kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Pria itu diberitahukan bahwa khamr sudah diharamkan, langsunglah pria tersebut menumpahkan khamr dihadapan Baginda Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak memerintahkan orang tersebut tersebut untuk mencuci dan membersihkan khamr tersebut. Sebab khamr bukanlah najis kalau misalnya najis tentulah Baginda Muhammda Shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang menumpahkan khamr tersebut. Dari penjelasan dalil ini, alkohol atau khamr bukanlah najis tapi perbuatan meminum yang dilarang karna dapat menghilangkan kesadaran.

Jadi menurut saya parfum yang mengandung alkohol boleh di pakai untuk mengerjakan solat, karna alkohol dalam parfum bukanlah najis dan tidak membuat kita mabuk. Dan Alhamdullilah sekarang sudah banyak juga penjual yang menjual parhum tanpa alkohol dengan harga yang murah meriah. Jadi sahabat bisa memilih mau yang parfum berakohol atau tidak untuk pakai dalam mengerjakan solat sehari-hari tidak ada larangan dan pakailah sewajarnya saja jangan berlebih. Sebab yang berlebihan itu tidak baik.

Demikian lah artikel singkat tentang “Bolehkah memakai parfum alkohol untuk sholat?” semoga dapat membantu sahabat  serta jangan lupa bagikan artikel ini ke sahabat kalian semoga bermanfaat dan jangan lupa komentarnya ditunggu ya  Salam cantik dan sayang untuk sahabat semua, Assallammu ‘alaikum.



2 comments: